Jumat, 11 Oktober 2013

CARA KERJA FUEL LEVEL

CARA KERJA FUEL LEVEL
PADA TANGKI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR



 


Fuel Level / pelampung bensin pada kendaraan sepeda motor merupakan komponen yang sangat penting dalam memudahkan pengendara mengetahui jumlah bahan bakar / bensin yang berada di tangki, untuk dapat digunakan sesuai dengan fungsinya fuel level harus dihubungkan dengan pengukur bahan bakar (fuel meter).



(Fuel Meter - http://depositphotos.com)

Cara kerja Fuel Level (pelampung bensin) pada tangki sepeda motor :
Fuel Level bekerja menggunakan prinsip variable resistor / potensio meter (yang biasa digunakan untuk mengatur volume suara pada radio/tape) jika diputar ke kiri maka suara akan pelan dan jika diputar ke kanan maka suara radio akan semakin keras.
Pada saat diputar ke kiri berarti nilai tahanan pada variable resistor membesar maka suara radio menjadi pelan, pada saat diputar ke kanan nilai tahanan pada variable resistor mengecil sehingga suara dapat lebih keras, begitu juga pada fuel level pada saat bensin habis atau permukaan bensin berada dibawah nilai tahanannya besar sehingga jarum pada fuel meter menunjuk ke huruf “E / empty”, begitu sebaliknya jika bensin di tangki penuh atau permukaan bensin berada diatas maka nilai tahanan pada fuel level kecil sehingga jarum pada fuel meter menunjuk ke huruf “F / full”
Bekerjanya variable resistor  pada gambar berdasarkan  tinggi rendahnya bahan bakar dalam tangki melalui perantaraan pelampung, lengan pelampung dan lengan penghubung (moving contact arm). Pergeseran ke kiri dan ke kanan dari lengan penghubung tersebut akan merubah besarnya tahanan pada variable resistor.






Aliran arus listriknya sebagai berikut :
Baterai – fuse/sekring – kunci kontak – voltage regulator/pengatur tegangan listrik dari baterai – fuel meter – fuel level – massa.



_____ SEMOGA BERMANFAAT_____

5 komentar:

  1. cara ngetesnya gimana ya gan? hehe

    BalasHapus
  2. Resistansi pelampungnya berapa ohm gan? Saat penuh dan saat kosong?

    BalasHapus
  3. numpang tanya gan, untuk warna kabel yg buat ke fuel meter warna apa gan? terimakasih

    BalasHapus
  4. Numpang tanya kabelnya kan ada tiga .warnanya kuning, hitam, biru, posisinya itu dimana"

    BalasHapus
  5. Pelampung dah ganti baru...resistor yg di fllmeter juga bagus tapi ga mau naik BOS

    BalasHapus